Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wagub Bali Oka Artha Ardhana Sukawati. Sumber: BSTV

Wagub Bali Oka Artha Ardhana Sukawati. Sumber: BSTV

Ini Panduan Produktif dan Aman di Bali

Gora Kunjana, Senin, 1 Juni 2020 | 09:51 WIB

DENPASAR, investor.id - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan jumlah kasus positif di Bali per 30 Mei 2020 450 orang dengan tingkat kesembuhan 72,08% atau 338 orang, meninggal 4 orang atau 0,88%.

“Meski angka ini terbilang cukup rendah bila dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, namun perlu diperhatikan bahwa angka positif Covid-19 masih terus bertambah tiap harinya maka perlu langkah-langkah pencegahan yang semakin ketat dan mutakhir serta melibatkan seluruh elemen masyarakat,”kata Wagub Bali yang akrab dipanggil Cok Ace itumengenai perkembangan kasus Covid-19 di Provinsi Bali, Minggu (31/5/2020).

Wagub Bali Oka Artha Ardhana Sukawati. Sumber: BSTV
Wagub Bali Oka Artha Ardhana Sukawati. Sumber: BSTV

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut Wagub, ia kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat Bali mengenai hal-hhal yang mesti dilakukan untuk mencegah penularan virus yang lebih luas lagi.

Selanjutnya, Wagub mengajak masyarakat untuk mempersiapkan new normal ke depan, sehingga bisa beraktivitas secara produktif namun aman dari penularan virus.

Wagub Cok Ace selanjutnya mengungkapkan panduan keluar masuk ke Bali berdasarkan keputusan Gubernur Bali.

Ia mengatakan bahwa masyarakat yang bisa masuk keluar Bali hanya untuk keperluan tertentu adalah pertama, bagi orang yang bekerja di lembaga pemerintah atau swasta atas dasar kepentingan percepatan penanganan Covid-19, pelayanan pertahanan, keamanan, dan ketertiban umum, pelayanan kesehatan, pelayanan kebutuhan dasar, pelayanan pendukung kebutuhan dasar atau pelayanan fungsi ekonomi penting.

Kedua, bagi perjalanan pasien karena membutuhkan pelayanan kesehatan darurat.

Ketiga, bagi perjalanan orang karena anggota keluarga intinya yaitu orangtua, suami atau istri, anak, saudara kandung, sedang sakit keras atau meninggal dunia.

Dan yang keempat, bagi pekerja migran Indonesia (PMI), warga Negara Indonesia pelajar atau mahasiswa di luar negeri setelah kepulangannya dengan alasan khusus.

“Kemudian semua penumpang yang memasuki Bali wajib mengisi data diri pada laman cekdiri.baliprov.go.id serta melengkapi beberapa dokumen yang diperlukan,” tandas Cak Ace.

Dokumen tersebut yaitu surat keterangan hasil uji negatif Covid-19 berbasis uji swab PCR bagi penumpang angkutan udara, surat keterangan negatif uji rapid test bagi penumpang angkutan darat dan laut, surat pernyataan dari pelaku perjalanan dalam negeri mengenai tujuan keberdaannya selama di Bali, surat pernyataan dari pemberi jaminan bagi pelaku perjalanan untuk memberi kepastian atas tanggung jawab, perlindungan dan keberlanjutan kehidupannya selama berada di Bali.

Selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat di Bali, Cak Ace juga mengimbau masyarakat untuk tetap melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus yang berlaku.   

“Upaya itu sebenarnya sangat sederhana yaitu menggunakan masker ketika di aera publik dan saat menggunakan fasilitas umum, mencuci tangan secara berkala dan sesering mungkin, menggunakan hand sanitizer abis menyentuh benda-benda di area publik, menghindari kontak fisik dengan orang lain, menjaga jarak dengan orang lain, tidak bepergian, dan melakukan isolasi mandiri di rumah. Dan jika ini semua dilakukan disiplin saya yakin Bali akan segera keluar dari bahaya wabah Covid-19,” katanya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN