Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Jakarta, Kota Pertama di Indonesia Kerja Sama dengan Google Waze

Selasa, 11 November 2014 | 12:58 WIB
Oleh Lenny Tristia Tambun

JAKARTA- Kota Jakarta, merupakan kota pertama di Indonesia dan ke-10 di dunia yang melakukan kerja sama transfer data dengan Google Waze. Sembilan kota lainnya adalah Rio de Janeiro, Barcelona, Tel Aviv, San Jose (Costa Rica), Boston, Los Angeles, New York, Utah, dan Florida.

“Jadi Kota Jakarta termasuk sepuluh kota pertama yang melakukan kerja sama ini. Pemprov dan google telah menandatangani 9 September lalu. Kerja sama ini dilakukan untuk exchange data. Mereka datang ke sini untuk membicarakan lebih detail kerja sama tersebut,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Muhammad Akbar di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (11/11).

Diungkapkannya, data yang dierikan kepada Google Waze, di antaranya adalah data kecepatan kendaraan bermotor yang melaju di satu jalan. Selain itu, masyarakat dapat memberikan informasi kepada Pemprov DKI dengan menggunakan waze.

“Dengan adanya kerja sama ini, masyarakat mendapatkan informasi terbaru dan dapat meresponnya,” ujar mantan Kepala BLU Transjakarta ini.

Akbar mengungkapkan, dalam dua hari ke depan pihaknya akan melakukan komunikasi lanjutan dengan Google Waze. Termasuk membicarakan data apa saja yang akan dimasukkan ke dalam data penyimpanan Google Waze.

"Dua hari ini kita akan membicarakan data apa saja yang akan kita berikan dan mereka akan mengelola data tersebut untuk memberikannya kepada masyarakat," tuturnya.

Conneted Citizen Program Manager, Paige Fitgerald ‎mengungkapkan kerja sama ini dapat membuat Pemprov DKI Jakarta dapat bekerja lebih cepat. Caranya dengan merespon laporan yang diberikan  masyarakat Jakarta.

"Dalam kerja sama ini, kami mau bertukar data sehingga bisa menggunakan data trafiknya Dinas Perhubungan. Keuntungan yang didapat Pemprov DKI adalah Pemprov bisa bekerja lebih cepat dengan laporan dari masyarakat," jelasnya. (b1/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN