Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo. Sumber: BSTV

Presiden Joko Widodo. Sumber: BSTV

Jokowi Harap Apkasi Otonomi Expo 2021 Perkuat Kerja Sama Perdagangan Antardaerah

Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:10 WIB
Lenny Tristia Tambun

JAKARTA, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2021 dapat memperkuat kerja sama perdagangan antardaerah untuk menghadapi ketidakpastian dunia akibat pandemi Covid-19.

Melihat ketidakpastian kondisi negara-negara di dunia akibat Covid-19, Jokowi menyambut baik inisiatif Apkasi menggelar Otonomi Expo 2021. Expo ini akan menjadi ajang untuk saling tahu, saling bekerja sama memperkuat perdagangan antardaerah, sekaligus juga memperkuat ekspor Indonesia ke negeri-negara lain, termasuk perluasan pasar-pasar ekspor baru.

“Jangan melupakan pasar dalam negeri yang sangat potensial, yang sangat besar, karena jumlah penduduk kita 270 juta dan kelas menengahnya bertumbuh sangat pesat,” kata Jokowi saat membuka Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021).

Kondisi itu dapat menjadi peluang untuk memperkuat industri dalam negeri di Tanah Air. Jokowi tidak ingin, pasar yang besar diambil oleh produk-produk negara lain. Karena itu, Jokowi menegaskan perlunya diperkuat perdagangan antardaerah, antarkabupaten, antarprovinsi, antarpulau.

“Ini penting sekali untuk diperkuat, saya kira dalam forum-forum Apkasi ini perlu terus disampaikan bahwa perdagangan antardaerah, antarpulau harus terus dikembangkan,” tegas Jokowi.

Jokowi mengatakan semua pihak harus selalu siaga menghadapi kondisi dunia yang penuh ketidakpastian dan penuh dengan kompleksitas masalah. Kesiagaan itu ditunjukkan salah satunya dengan mulai mengaktifkan kembali roda perekonomian di daerah.

“Sekali lagi kita harus mulai aktif ekonomi kita. Selalu siaga menghadapi semua hal yang tidak pasti. Karena dunia, global sekarang ini betul-betul penuh dengan keragu-raguan, penuh dengan ketidakpastian, penuh dengan kompleksitas masalah yang sebelum-sebelumnya tidak pernah terjadi,” kata Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi mengharapkan dalam expo ini, masing-masing daerah bukan hanya menunjukkan produk dan objek-objek wisatanya saja, tetapi juga menunjukkan bahwa iklim investasi di daerah-daerah ini semakin baik. Begitu juga dengan kepastian hukum dan kemudahan perizinan semakin baik, serta penerapan online single submission (OSS) sudah berjalan dengan baik.

“Kepastian itu diperlukan oleh dunia usaha. Dengan diselenggarakannya expo ini, juga kita harapkan bisa meningkatkan investasi di daerah dan mempercepat membuka lapangan lapangan kerja baru bagi masyarakat kita dan menggerakkan ekonomi daerah,” tutur Jokowi.

Akhir-akhir ini, lanjut Jokowi, telah terjadi krisis ekonomi di beberapa negara di dunia, seperti di Eropa dan Tiongkok. Namun krisis energi tersebut menguntungkan Indonesia sebagai negara penghasil kelapa sawit, batu bara, tembaga maupun nikel. Sebab, perekonomian daerah penghasil komoditas tersebut akan merangkak naik.

“Semuanya enggak duga. Tapi kita diuntungkan karena harga komoditas naik. Saya kira daerah yang memiliki kelapa sawit, batu bara senang semuanya, atau yang memiliki nikel atau tembaga semuanya senang, karena ekonomi di daerah penghasil komoditas itu pasti akan merangkak naik. Insyaallah akan merangkak naik,” ujar Jokowi.

 

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN