Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut: Kasus Covid-19 di Indonesia Masih Terkendali

Minggu, 28 November 2021 | 20:25 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan perkembangan kasus Covid-19 masih terkendali. Namun masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Apalagi di beberapa negara sedang terjadi kenaikan kasus karena penyebaran dari varian Omicron.

“Pada hari ini kita (Indonesia) hanya mencatat 275 kasus baru dan hanya satu kasus fatality Ini satu hal yang luar biasa yang terjadi pada hari ini dari sekian bulan kita mengalami serangan yang hebat dari varian delta. Tentunya hal ini adalah sesuatu yang harus kita syukuri dan harus kita pertahankan meskipun kita harus tetap waspada dengan peningkatan kasus Covid-19 di banyak negara,” ucap Luhut dalam konferensi pers secara daring pada Minggu (28/11).

Dia mengatakan selain pengetatan kedatangan dari luar negeri pemerintah akan terus mendorong disiplin protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi terhadap berbagai relaksasi pengetatan aktivitas masyarakat. Sebelumnya saat terjadi penurunan kasus Covid pemerintah melakukan relaksasi pembatasan kegiatan. Namun munculnya varian omicron ini dan ancaman peningkatan kasus akibat natal tahun baru nanti.

“Kami mohon agar kita semua saling mengingatkan bahwa pemakaian masker, pencucian tangan jaga jarak, dan juga tadi vaksinasi itu betul-betul harus kita patuhi,” ucap Luhut.

Selain disiplin protokol kesehatan pemerintah juga turut mendorong percepatan vaksinasi dan terutama untuk lansia mengingat mereka adalah salah satu kelompok yang paling rentan terhadap dampak Covid-19. Menurut Luhut masyarakat tidak perlu panik dalam menyikapi varian omicron. Sebab pemerintah telah mengambil langkah-langkah pengetatan kedatangan dari luar negeri dan akan meningkatkan aktivitas genome sequencing untuk mendeteksi varian omicron ini.

“Karena apa yang kami putuskan ini juga pemerintah putus telah mendapat masukan dari para ahli yang di depan dulu kita yang telah dari waktu ke waktu menjadi partner pemerintah untuk membuat keputusan penanganan Covid -19 di tanah air,” ucapnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN