Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

MPR Apresiasi Pembentukan Lembaga Pemantapan Pancasila

Rabu, 25 Januari 2017 | 08:16 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

JAKARTA – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Lembaga Pemantapan Pancasila yang ber tujuan meningkatkan nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an.

 

“Sudah ada Perpres-nya mengenai pembentukan Lembaga Pemantapan Pancasila. Kami apresiasi karena ini usulan pada rapat konsultasi MPR, dua tahun lalu dengan Bapak Presiden. Itu sudah ditindaklanjuti Presiden,”kata Ketua MPR RI Zulkifli Hasan usai rapat konsultasi bersama Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/1).

 

Zulkifli hadir bersama jajaran wakil ketua MPR RI, yaitu Mahyudin, EE Mangindaan, Hidayat Nur Wahid, dan Oesman Sapta Odang. Sementara itu, Presiden Jokowi didampingi Menko Polhukam Wiranto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Mensesneg Pratikno.

 

Pada kesempatan itu, kata Zulkifli beserta jajaran pimpinan MPR menyampaikan kepada Presiden Jokowi tentang tugas-tugas MPR, khususnya menyangkut sosialisasi empat pilar kebangsaan, yang terdiri atas Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

 

“Penekanan pada sosialisasi empat pilar. Apalagi melihat perkembangan keadaan kita saat ini, perlu secara sungguh-sungguh, kita menyampaikan kembali nilai-nilai luhur ke-Indonesiaan kita,” kata Zulkifli.


Dia mengatakan, Lembaga Pemantapan Pancasila, yang berperan seperti Manggala BP7 pada era Orde Baru, akan mengelola tentang pendidikan kewarganegaraan, pancasila, dan menyelenggarakan penataran.

 

“Tentu, metodenya disesuaikan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, kami apresiasi, kami dukung agar lembaga pemantapan Pancasila bisa bekerja sama dengan MPR,” jelas Zulkifli.

 

Hari Pancasila

Pemerintah dan MPR RI sepakat untuk bersama-sama menyelenggarakan peringaran 1 Juni sebagai Hari Pancasila. Presiden Jokowi, pada 1 Juni 2016 telah menetapkan tanggal 1 Juni1945 sebagai hari lahir Pancasila.

 

“Tanggal 1 Juni sudah ditetapkan sebagai hari nasional. Oleh karena itu, pelaksanaan peringatan 1 Juni tidak lagi oleh MPR tetapi harus pemerintah karena sudah ditetapkan sebagai hari nasional. Bapak Presiden mengatakan, kalau bisa tetap saja MPR bersamasama pemerintah untuk melaksanakan Hari Lahir Pancasila 1 Juni,” kata Zulkifli. (nov)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN