Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Jokowi meninjau RS Darurat di P Galang. Su,ber: BSTV

Presiden Jokowi meninjau RS Darurat di P Galang. Su,ber: BSTV

Penanganan Covid-19, Presiden Pastikan Tak Ada Kebijakan Berbeda

Rabu, 1 April 2020 | 13:48 WIB
Novy Lumanauw (novy@investor.co.id)

PULAU GALANG, investor.id  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada penerapan kebijakan yang berbeda antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19.

“Sampai saat ini belum ada yang berbeda dan kita harapkan tidak ada yang berbeda,” kata Presiden Jokowi saat meninjau Rumah Sakit Darurat Pulau Galang di Kepulauan Riau, Rabu (1/4).

Kepala Negara  mengatakan,  adalah wajar jika terdapat sejumlah daerah yang melakukan pembatasan sosial dan pembatasan lalu lintas.

“Saya pikir itu pembatasan-pembatasan wajar karena daerah ingin mengontrol daerahnya masing-masing. Tapi, sekali lagi tidak dalam keputusan-keputusan besar, misalnya karantina wilayah dalam cakupan yang gede  atau yang sering dipakai lockdown,” kata Kepala Negara.

Menurut Kepala Negara, pemerintah bekerja sesuai aturan Undang Undang yang ada dan sesuai amanat konstitusi.  

“Lockdown apa sih? Karena lockdown kita harus sama, orang tidak boleh keluar rumah, transprotasi harus semua berhenti baik itu bus, kendaraan pribadi, sepeda motor,  kereta api, dan pesawat. Berhenti semuanya. Kegiatan-kegiatan kantor semuanya dihentikan,” tegasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (1/4) ke  Batam, Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka meninjau kesiapan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19  di Pulau Galang.
Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Rabu (1/4) ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka meninjau kesiapan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 di Pulau Galang.

Menurut Presiden Jokowi, pemerintah memutuskan tidak mengambil jalan lockdown, dengan harapan aktivitas ekonomi tetap ada dan masyarakat semua harus menjaga jarak aman, social distancing, dan physical distancing. “Itu yang paling penting. Jadi kalau kita semua disiplin melakukan itu, jaga jarak aman, cuci tangan setiap habis kegiatan, jangan pegang hidung, mulut atau mata, kurangi itu. Kunci tangan kita sehingga penularannya betul-betul bisa dicegah,” kata Presiden Jokowi.

Ia menyebutkan bahwa pemerintah telah mempelajari  pengalaman-pengalaman 202 negara yang telah membuat policy lock down.

“Pemerintah telah mempelajari semuanya,  ada plus dan minusnya. Dan, tentu kita sesuaikan dengan kondisi yang ada di negara kita baik kondisi geografi, demografi, karakter budaya, kedisiplinan kita dan juga kemampuan fiskal kita,” kata Presiden Jokowi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN