Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Posting Foto-Foto IGD RSUD Kosong, Anies: Insyaallah Jakarta Keluar dari Masa Genting

Selasa, 27 Juli 2021 | 11:49 WIB
Yustinus Paat

JAKARTA, investor.id   - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mem-posting foto-foto instalasi gawat darurat (IGD) yang mulai kosong di sejumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang berada Jakarta di akun instagramnya, @aniesbaswedan. RSUD tersebut termasuk rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

Dalam postingan foto tersebut, Anies membandingkan situasi pada akhir Juni 2021 dengan akhir Juli  2021. Situasi pada akhir Juni menunjukkan IGD-IGD penuh dengan pasien Covid-19 bahkan harus dirawat di lorong-lorong atau selasar IGD.

Situasi di IGD RSUD Duren Sawit. Foto: Instagram @aniesbaswedan
Situasi di IGD RSUD Duren Sawit. Foto: Instagram @aniesbaswedan

Sementara pada akhir Juli ini, situasinya sudah terurai, karena pasien Covid-19 tidak lagi dirawat di lorong-lorong IGD dan tempat tidur sudah banyak yang kosong.

"Alhamdulillah, atas izin Allah dan sejak kita semua sama-sama mengurangi mobilitas, situasi pandemi di Jakarta terus mengalami penurunan dan InsyaAllah bisa keluar dari masa genting, terlihat dari keterisian IGD berbagai rumah sakit di Jakarta," ujar Anies sebagaimana dikutip Beritasatu.com, Selasa (27/7/2021).

RSUD Cempaka Putih dan RSUD Koja.  Foto: Instagram @aniesbaswedan
RSUD Cempaka Putih dan RSUD Koja. Foto: Instagram @aniesbaswedan

Anies mengaku selama beberapa minggu terakhir memantau melalui CCTV dan mengunjungi beberapa RSUD yang ada di Jakarta. Kondisi di rumah sakit kini, kata Anies semakin terkendali karena kapasitas tempat tidur isolasi IGD hingga ICU tersedia. Dia mencontohkan saat berkunjung ke RSUD Budhi Asih dan RSKD Duren Sawit pada Senin (26/7/2021).

"Situasinya sudah jauh berbeda dibanding ketika saya berkunjung sebulan lalu ke Duren Sawit. Saat itu RS begitu penuh, bahkan selasar depan IGD pun dipenuhi oleh pasien yg antre masuk ke dalam IGD, kamar rawat inap dan ICU. Kini, selasar IGD itu sudah kosong, pasien dapat langsung masuk ke IGD. Situasi ini serupa di begitu banyak RSUD di Jakarta," ungkap Anies.

Anies pun berharap, banyak pasien Covid-19 sembuh dan keluar dari fasilitas kesehatan serta yang masuk untuk dirawat semakin sedikit, sehingga beban di fasilitas kesehatan akan terus berkurang.

RSUD Kebayoran Lama dan RSUD Pademangan.  Foto: Instagram @aniesbaswedan
RSUD Kebayoran Lama dan RSUD Pademangan. Foto: Instagram @aniesbaswedan

"Urutannya adalah antrean IGD, lalu kamar rawat inap, dan ICU. Antrean IGD sudah terurai, semoga berikutnya diikuti dengan pelonggaran di kamar rawat inap dan di ICU," tutur Anies.

Lebih lanjut, Anies mengatakan terbukti langkah bersama semua elemen masyarakat telah membuahkan hasil untum menurunkan tingkat kegawatan situasi dalam sebulan terakhir. Dia menegaskan tren penurunan kasus Covid-19 ini nyata terlihat, namun situasinya masih jauh dari ideal.

"Mari kita lanjutkan momentum perbaikan situasi ini. Jangan sampai gelombang perbaikan yang mulai terasa ini lalu berhenti atau malah berbalik jadi naik kembali karena kita lengah dan kendor. Tetap jaga prokes kapan pun dan di mana pun, serta kurangi mobilitas yang tidak perlu," imbuh dia.

RSUD Kebayoran Baru dan RSUD Cengkareng. Foto: Instagram @aniesbaswedan
RSUD Kebayoran Baru dan RSUD Cengkareng. Foto: Instagram @aniesbaswedan

Anies mendorong masyarakat agar segera divaksin Covid-19 di sentra atau lokasi-lokasi vaksinasi di Jakarta. Pasalnya, vaksinnya terbukti menurunkan risiko keparahan dan kematian akibat Covid-19.

"Bagi yang belum vaksin jangan tunda lagi, data di Jakarta nyata-nyata menunjukkan bahwa vaksinasi bisa menurunkan risiko keparahan dan kematian akibat Covid-19 secara signifikan, sehingga tidak harus dirawat rumah sakit. Segera daftar vaksin lewat JAKI dan lindungi diri Anda, keluarga Anda, dan lingkungan sekitar Anda," pungkas Anies.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN