Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim

Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim

Raih Peluang Kerja dengan Tingkatkan Keterampilan di Masa Pandemi

Jumat, 30 Oktober 2020 | 16:56 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Meski di tengah pandemi Covid-19, peluang kerja bagi para pencari kerja masih tersedia. Menurut data Jobstreet, masih banyak perusahaan yang membuka lowongan bahkan hingga enam bulan ke depan. Namun, tingginya angka pencari kerja saat ini membuat peluang kerja semakin ketat. Untuk memenangkan peluang kerja tersebut ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh para pencari kerja, salah satunya adalah meningkatkan keterampilan.

Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim mengatakan, hingga akhir tahun ini, perusahaan yang akan mulai merekrut karyawan terutama adalah dari sektor manufaktur dan produksi, perdagangan umum dan grosir, perbankan dan keuangan, ritel, dan teknologi informasi komputer.

Jenis pekerjaan yang menempati urutan teratas adalah Sales atau Customer Service, Admin & HR, Accounting, Engineering, IT serta Marketing atau PR. Hal itu seiring dengan kembali berjalannya roda bisnis sehingga perlahan-lahan membangkitkan perekonomian Indonesia di masa pandemi.

“Hal itu pun terlihat dari peluang kerja yang ada di Jobstreet. Pada satu bulan di awal pandemi, Maret- April, penurunan peluang kerja mencapai 70-80%. Tapi mulai Mei menunjukkan perbaikan dan perlahan kembali meningkat setengahnya dari penurunan tersebut. Ini menunjukkan roda bisnis kembali berjalan dan perlahan ekonomi Indonesia bergerak ke arah positif,” ungkapnya kepada Investor Daily melalui zoom meeting, Jumat (30/10).

Namun, lanjut dia, di sisi lain masa pandemi membuat angka pencari kerja pun semakin meningkat karena pemutusan hubungan kerja dan banyaknya perusahaan yang menghentikan kegiatan mereka selama pandemi.

Tingginya angka tersebut tentu saja mempengaruhi peluang kerja yang menjadi semakin ketat, bahkan tingkat persaingannya mencapai dua kali lipat dari sebelumnya. Tapi, hal ini tidak boleh membuat para pencari kerja pesimistis. Sebab, peluang kerja masih terbuka lebar dan bisa saja mereka raih di masa pandemi ini.

“Untuk itu, para pencari kerja harus menjadi lebih unggul dibandingkan yang lainnya untuk memenangkan peluang kerja tersebut. Caranya adalah dengan meningkatkan keterampilan mereka selama pandemi,” papar Faridah.

Menurut Faridah, keterampilan yang harus ditingkatkan selama pandemi ini adalah yang sesuai dengan kebutuhan pasar atau industri, serta sesuai tren dan mendapatkan informasi baru. Misalnya saja, keterampilan dalam digital platform. Ini akan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan mereka yang hanya bermodalkan pendidikan formal saja dan menarik para penyedia kerja untuk merekrut mereka.

Dengan demikian, para pencari kerja diharapkan bisa memanfaatkan waktu selama pandemi ini untuk meningkatkan keterampilan mereka yang bisa menjadi membuat mereka unggul dibandingkan lainnya.

“Sehingga dengan bekal keterampilan yang unggul ini bisa membuat para pencari kerja ini memenangkan persaingan dalam peluang kerja,” tegas Faridah.

Tidak kalah penting, lanjut Faridah, para pencari kerja pun harus meningkatkan keterampilan dalam mempromosikan diri dalam arti mereka harus membuat data pribadi semenarik mungkin. Mulai dari Curriculum Vitae (CV) hingga profil mereka.

Selain itu, update CV dan profil pencari kerja secara berkala. Namun, bagi mereka yang fresh graduate dan masih belum memiliki pengalaman bisa memasukan berbagai keterampilan non formal mereka. “Bisa juga mencantumkan pengalaman berorganisasi mereka selama menimba pendidikan formal,” tutupnya.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN