Menu
Sign in
@ Contact
Search
Staf Khusus Menkominfo selaku Ketua Tim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital Rosarita Niken Widiastuti dalam konferensi pers di gedung Kemenkominfo, Jakarta, (23/9/2022).

Staf Khusus Menkominfo selaku Ketua Tim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital Rosarita Niken Widiastuti dalam konferensi pers di gedung Kemenkominfo, Jakarta, (23/9/2022).

Setelah Jabodetabek, Siaran TV Analog di Wilayah Ini Juga Segera Dihentikan

Jumat, 23 September 2022 | 14:39 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Penghentian siaran televisi analog atau analog switch off (ASO) oleh seluruh lembaga penyiaran di Jabodetabek akan dilakukan pada 5 Oktober 2022. Setelah itu, daerah lain juga akan menyusul, mulai dari Bandung hingga ke Makassar.

"Setelah Jabodetabek, bersiap Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, setelah itu di luar Jawa ada Medan, Banjarmasin, Bali, Palembang dan Makassar," kata Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Geryantika Kurnia, di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (23/9/2022).

Sebagaimana telah diamanatkan oleh pasal 60A Undang-Undang No. 32 tahun 2002 tentang Penyiaran melalui Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pelaksanaan penghentian siaran televisi analog terestrial atau yang dikenal dengan analog switch off secara nasional akan dilaksanakan paling lambat pada tanggal 2 November 2022.  

Staf Khusus Menkominfo selaku Ketua Tim Komunikasi Publik Migrasi TV Digital Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan, kriteria yang diterapkan oleh Kemenkominfo untuk menilai kesiapan suatu wilayah untuk bisa diberlakukan ASO, diantaranya terdapat siaran televisi analog di wilayah yang akan dihentikan siarannya, wilayah yang tercakup dengan siaran televisi analog sudah siap digantikan dengan siaran TV digital, dan bantuan set-top-box (STB) untuk rumah tangga miskin di daerah tersebut sudah terdistribusi.

Sebelumnya pada 30 April 2022, ASO secara bertahap telah dilaksanakan di empat wilayah layanan, yaitu Riau-4, Nusa tenggara Timur-3, Nusa Tenggara Timur-4, dan Papua Barat-1. 14 wilayah lainnya juga telah menyusul pelaksanan ASO yaitu Kalimantan Selatan-2, Kalimantan Selatan-4, Kalimantan Utara-3, Kepulauan Bangka Belitung-4, Kepulauan Bangka Belitung-2, Kalimantan Barat-6, Maluku-6, Maluku Utara-3, Papua-7, Sulawesi Tengah-3, Sulawesi Tenggara-2, Sulawesi Utara-2, Sulawesi Utara-6, dan Sumatera Selatan-4.

 

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com