Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti (batik coklat) saat melakukan pengawasan di SMKN 9 Kota Bandung, Jumat (26/2/2021). Foto: KPAI

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti (batik coklat) saat melakukan pengawasan di SMKN 9 Kota Bandung, Jumat (26/2/2021). Foto: KPAI

SMKN 9 Kota Bandung Dinilai Sangat Siap Pembelajaran Tatap Muka

Sabtu, 27 Februari 2021 | 09:53 WIB
Natasia Christy Wahyuni

JAKARTA, investor.id  – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Kota Bandung sangat siap untuk memulai pembelajaran tatap muka (PTM). Sejak Januari 2021, SMKN 9 telah melakukan PTM dalam secara terbatas dari sisi jumlah maupun pembelajaran praktik keahlian tertentu.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, yang melakukan pengawasan ke SMKN 9 Kota Bandung, mengatakan sekolah itu melayani kepentingan konsultasi terbatas kepada para siswa yang mengalami kesulitan pembelajaran atau masalah psikologi sehingga membutuhkan konsultasi guru Bimbingan Konseling (BK).

“Dalam satu hari, peserta didik yang bisa melakukan praktik maupun konsultasi hanya maksimal 50 orang untuk 6 jurusan atau bidang keahlian, mulai dari kelas X – XII. Tenaga pendidik yang hadir ke sekolah juga dibatasi hanya 25-50 persen selama 4-5 jam per hari,” kata Retno lewat siaran persnya yang diterima Beritasatu, Jumat (26/2/2021).

Menurut Retno, SMKN 9 Kota Bandung juga telah siap secara infrastruktur dan protokol kesehatan (prokes) atau standard operational procedure (SOP) untuk Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Penerapan prokes yang ketat dilakukan mulai dari pintu gerbang sekolah sampai di dalam ruang-ruang kelas, ruang-ruang praktik, perpustakaan, ruang BK, ruang guru, ruang tata usaha

Saat proses pengawasan di SMKN 9, KPAI ikut dalam proses pembuatan video persiapan AKB di sekolah tersebut bersama para siswa dari jurusan Desain Komunikasi Visual untuk membuat video penyiapan AKB di sekolah tersebut. Hasil pembuatan video untuk kampanye penyiapan buka sekolah yang aman dan nyaman di masa pandemi.

“Kesiapan SMKN 9 Kota Bandung dalam menghadapi PTM di masa pandemi patut diapresiasi,” kata Retno.

Terkait pemberian vaksin, para guru di SMKN 9 Kota Bandung belum masuk sebagai penerima vaksin Covid-19. Retno mengatakan sekalipun vaksin Covid-19 sudah tersedia untuk pendidik dan tenaga kependidikan, kekebalan kelompok tetap sulit diwujudkan tanpa adanya prokes dan sekolah siap dengan infrastruktur AKB.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN