Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Warga menerima vaksinasi Covid-19 Pfizer di  Puskesmas Lebak Bulus, Jakarta Selatan.  Foto ilustrasi:  BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Warga menerima vaksinasi Covid-19 Pfizer di Puskesmas Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Strategi Percepatan Vaksinasi Berjalan Baik

Kamis, 7 Oktober 2021 | 08:05 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id   - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebut, strategi percepatan vaksinasi pemerintah yang berkolaborasi dengan banyak pihak berjalan baik dan mampu menjangkau luas target vaksinasi. Hal ini dibuktikan di antaranya dengan Indonesia menduduki peringkat kelima di dunia berdasarkan jumlah penduduk yang telah divaksin dan peringkat keenam berdasarkan jumlah dosis yang digunakan.

"Tentu hal ini tidak lepas dengan kolaborasi banyak pihak. Baik tenaga kesehatan, TNI, Polri, pemerintah daerah, pihak swasta, organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat lainnya yang terus menerus berpartisipasi dalam percepatan vaksinasi," ujar Menkominfo Johnny, dalam keterangan tertulisnya Rabu (6/10/2021).

Menkominfo Johnny G Plate. (IST)
Menkominfo Johnny G Plate. (IST)

Menkominfo Johnny pun tidak lupa menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya bagi masyarakat yang telah memiliki kesadaran tinggi untuk melakukan vaksinasi. Begitu juga dengan masyarakat yang mau mengajak keluarga, saudara, dan orang lingkungan sekitar untuk vaksinasi. Pemerintah, lanjut Menkominfo Johnny, juga mengapresiasi kerja keras semua pihak dalam program vaksinasi nasional yang secara harian mampu melampaui dua juta dosis per hari pada September 2021.

Segala upaya yang dilakukan bersama, menurut Johnny, tentu amat berarti dalam menghadapi pandemi yang tengah melanda dunia seperti saat ini.

"Capaian ini meningkat dari sebelumnya Indonesia menempati peringkat keenam di dunia. Ini menunjukan upaya percepatan vaksinasi nasional berjalan dengan baik," katanya.

Menkominfo mengungkapkan, per Senin (4/10/2021), vaksinasi di Indonesia telah menjangkau sekitar 94 juta orang untuk dosis pertama dan 53 juta orang untuk dosis kedua. Jumlah ini mengungguli capaian Jepang di kisaran 80 juta orang untuk dosis pertama.

Warga menerima vaksinasi Covid-19 Pfizer di  Puskesmas Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (23/8/2021). Foto ilustrasi:  BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao
Warga menerima vaksinasi Covid-19 Pfizer di Puskesmas Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Foto ilustrasi: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Adapun, untuk penggunaan vaksin, Indonesia telah menyuntikan sebanyak 148 juta dosis. Meski begitu, lanjutnya, berbagai terobosan tetap dilakukan untuk mempercepat capaian target 70% penduduk tervaksin di akhir 2021. Hal yang dilakukan adalah dengan meningkatkan target vaksinasi harian menjadi 2,5 juta suntikan per hari dan mempercepat distribusi vaksin ke daerah.

Saat ini pemerintah pusat juga langsung mendistribusikan vaksin ke kabupaten atau kota. Kemudian sentra vaksinasi juga dibuka sebanyak-banyaknya di berbagai tempat. "Dukungan TNI Polri, Kemenkop UKM, BIN, BKKBN, OJK, swasta dan inisiatif masyarakat mempercepat vaksinasi di wilayah aglomerasi. Serta akselerasi program vaksinasi door to door dari BIN," kata Johnny.

Menkominfo kembali mengingatkan, vaksinasi menjadi salah satu kunci penting pengendalian Covid -19. Juga syarat mutlak agar bisa hidup sehat berdampingan dengan Covid -19.

"Pemerintah meminta meskipun sudah divaksin masyarakat tidak boleh lengah. Disiplin ketat

protokol kesehatan agar tidak ditinggalkan," ujarnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN