Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Sukses Menyusui dengan Hypno-Breastfeeding

Senin, 7 September 2015 | 13:45 WIB
ah

JAKARTA Sukses menyusui buah hati dengan ASI (air susu ibu) secara eksklusif jadi impian semua ibu. Maklumlah, Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan paling baik bagi bayi, baik secara kualitas maupun kuantitas. Penelitian WHO menunjukkan bahwa pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama merupakan cara optimal untuk memberi asupan gizi pada bayi. Setelahnya, bayi harus diberikan makanan pendamping selagi terus diberikan ASI hingga usia dua tahun atau lebih.

Namun, menyusui masih menjadi hal yang sulit dilakukan oleh para ibu bekerja di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kurangnya ketersediaan fasilitas pendukung menyusui di kantor-kantor milik pemerintah maupun swasta. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa 52,7% ibu menyusui bayi mereka selama satu bulan pertama. Namun, angka prosentase ini turun menjadi 30,2% saat sang bayi menginjak usia enam bulan.

Selain minimnya fasilitas, tingkat stress ibu bekerja juga mempengaruhi kesuksesan memberikan ASI. Nah, untuk bisa sukses, ibu harus rileks, tidak stress, seberat apapun kondisi pekerjaan di kantor dan urusan rumah tangga.

“Ada beberapa aspek dasar untuk dapat sukses menyusui. Ibu harus berpikiran positif, rileks, tidak stress, dan percaya diri,” kata terapis hypno-breastfeeding Fonda Kuswandi dalam seminar yang digelar Philips Indonesia terkait perayaaan Pekan ASI Internasional di Jakarta.

Erik Van Houten, Head of Marketing Philips Consumer Lifestyle Indonesia menegaskan, tantangan ibu bekerja memang berat. “Philips menyadari tantangan menjadi ibu bekerja. Sebagai bagian dari komitmen dan dukungan berkelanjutan kami untuk ibu menyusui, kami membawa Ibu Fonda sebagai Hipnoterapis Klinis untuk berbagi pengetahuannya mengenai aspek menarik dari menyusui,” ungkap Erik.

Memang, tambah Fonda, stress gak bisa kita hindari. Tetapi stress bisa dikelola dengan cara menciptakan pikiran menjadi lebih tenang. Nah, salah satu cara terbaik untuk menciptakan kondisi pikiran tersebut adalah melalui hypno-breastfeeding. Hypno-breastfeeding merupakan usaha alami yang menggunakan energi alam bawah sadar untuk memproduksi ASI yang mencukupi kebutuhan bayi. “Dasar dari hypno- breastfeeding adalah relaksasi. Dengan menurunkan tingkat stres, ibu akan mampu meningkatkan produksi ASI,” jelas Fonda.

Bagaimana hypno-breastfeeding bekerja? Teknik ini membuat seluruh tubuh, termasuk hormon, bekerja seimbang. “Seluruh sel, organ, dan hormon sang ibu akan bekerja secara seimbang, sehingga akan membantu menyusui secara optimal bagi ibu dan juga bayinya, yang akan dapat membantu memastikan anak dapat tumbuh sehat dan pintar,” imbuhnya.(nan)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN