Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wagub DKI Jakarta AhmadRiza Patria (Ariza). Sumber: BSTV

Wagub DKI Jakarta AhmadRiza Patria (Ariza). Sumber: BSTV

ANIES BERTEMU LUHUT,

Wagub DKI: Kami Perlu Dukungan Pusat untuk Tangani Banjir

Sabtu, 13 Maret 2021 | 01:02 WIB
Yustinus Paat

JAKARTA, investor.id  – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan salah satu yang dibahas oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bertemu dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Rabu (10/3/2021) adalah penanganan banjir di Jakarta. Menurut Ariza, Pemprov DKI membutuhkan dukungan dari Pemerintah Pusat dalam upaya pengendalian banjir Jakarta.

“Pembahasan Pak Gubernur dan Pak Luhut terkait bagaimana program-program penting infrastruktur di DKI, terkait banjir, lingkungan, sampah dan lain-lain yang kami memang perlu dukungan dari pusat,” ujar Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/3/2021).

Pemprov DKI Jakarta, kata Ariza, sepakat dengan solusi Presiden Joko Widodo dalam penanganan banjir Jakarta, yakni mengadang air dari hulu. Karena itu, Ariza menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR yang sudah mengerjakan 2 waduk besar, yakni Ciawi dan Sukamahi untuk menghadang air dari hulu.  

“Kami berterima kasih kepada Pak Basuki (Menteri PUPR) sudah buat 2 waduk dan itu akan memberikan kontribusi (pengurangan) setidaknya 11% banjir di Jakarta,” ungkap dia.

Wagub juga berharap di daerah-daerah penyangga Jakarta bisa dibuat waduk besar untuk menampung air ketika musim hujan lebat atau ekstrem, seperti di Depok, Tangerang dan Bekasi. Hal tersebut, kata dia, minimal bisa mengurangi banjir di daerah penyangga dan juga di Jakarta yang kerap mendapatkan banjir kiriman.

“Salah satu solusi mengatasi banjir adalah tidak hanya dengan melebarkan sungai tapi di antaranya mengadang air di hulu. Jadi, prinsipnya kita bekerja sama antara Pemerintah Pusar, DKI Jakarta, dan daerah penyangga bersama-sama mencari solusi terkait penanganan banjir. Tidak hanya Jakarta tetapi kota-kota lainnya di sekitarnya termasuk di seluruh Indonesia,” pungkas dia.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN