Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Silaturahmi Virtual

Ilustrasi Silaturahmi Virtual

Warga Garut Rayakan Idul Fitri Lewat Virtual

Kamis, 13 Mei 2021 | 13:51 WIB
F Rio Winto

JAKARTA, investor.id - Sejumlah warga di Kabupaten Garut, Jawa Barat merayakan Idul Fitri 1442 Hijriyah dengan silaturahmi secara virtual bersama keluarga yang tinggal di luar kota karena ada larangan mudik untuk mencegah penularan Covid-19.

“Silaturahmi Lebaran tahun ini menggunakan hand phone dan didukung dengan teknologi informasi. Sebab, tidak bisa mudik,” kata Ningrum, warga Kecamatan Tarogong Kaler seperti dilansir Antara, Kabupaten Garut, Kamis (13/5/2021).

Ningrum menuturkan, perayaan Idul Fitri secara virtual di tengah wabah Covid-19 merupakan kali kedua. Tahun sebelumnya, silaturahmi dengan saudara di luar kota dilakukan secara virtual melalui panggilan video seluler.

Sebelum ada wabah Covid-19, Lebaran, kata Ningrum, biasa dirayakan bersama orang tua dan kerabat di Kabupaten Bandung. Namun, saat ini tidak bisa kumpul karena ada larangan mudik dan penyekatan jalan di perbatasan kota.

“Sekarang tidak bisa pergi ke Bandung karena ada penyekatan, tahun kemarin juga tidak ke Bandung karena corona,” kata dia.

Selain Ningrum, Shinta, warga lainnya, menyatakan, perayaan Idul Fitri tahun ini hanya bisa dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi di telepon seluler dengan suaminya yang berada di Provinsi Lampung.

Suami Shinta bekerja di luar kota dan tidak bisa mudik saat Idul Fitri. Sebab, ada kebijakan dari perusahaan dan pemerintah terkait larangan mudik bagi pekerjanya.

“Ya tidak bisa mudik, karena dilarang oleh kantor tempatnya bekerja, pulang juga tidak akan bisa karena di jalan ada pemeriksaan. Jadi ketemunya ditunda dulu,” kata Shinta.

Sementara itu, Bupati Garut, Rudy Gunawan menyampaikan terima kasih bagi warga Garut yang telah menahan diri untuk tidak mudik saat Idul Fitri. Sebab, kondisi saat ini masih pandemi Covid-19.

“Terima kasih kepada warga Garut  yang tidak datang ke Garut, kita silaturahmi dengan teknologi,” kata Rudy.

Editor : F Rio Winto (rio_winto@investor.co.id)

Sumber : ANTARA

BAGIKAN