Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
David Fernando Audy. Foto: east.vc

David Fernando Audy. Foto: east.vc

Ini Syarat untuk Menjadi Unicorn di Indonesia

Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:39 WIB
David Fernando Audy *)

Menjaga bisnis agar tetap sukses dan berkelanjutan bukan hanya soal memiliki ide-ide paling cemerlang atau memiliki modal paling besar. Hal ini juga menyangkut cara mengeksekusi, membentuk tim yang tepat, memberi solusi yang benar, dan sejumlah kriteria lain yang kami yakin akan membuat sebuah perusahaan mampu bertahan, tumbuh, dan akhirnya berkembang menjadi unicorn. Namun, di atas semua itu, ada empat hal pokok yang harus dimiliki bagi perusahaan-perusahaan rintisan (startup) agar mereka bisa bertransformasi menjadi unicorn.

Kewirausahaan

Ini adalah kemampuan untuk menciptakan bisnis dan keterampilan dalam mengeksekusi serta membuahkan hasil, yang menjadi ciri para pendiri perusahaan. Kami meyakini bahwa kredibilitas dan integritas para pendiri juga memainkan peran penting dalam kesuksesan sebuah usaha, karena bisnis-bisnis yang besar dibangun berdasarkan reputasi dan rekam jejak. Para pendiri harus bekerja keras -- dan yang lebih penting, bekerja dengan cerdas -- untuk menjaga kecepatan, momentum, dan akurasi, karena sebuah bisnis biasanya berkaitan dengan pemilihan waktu yang tepat dan kemampuan meraih peluang. Hal lain yang menurut kami bisa memainkan peran mendasar untuk menjadi pengusaha terkemuka adalah kerendahan hati – kesediaan untuk belajar dan terus meningkatkan kemampuan diri.

Kecocokan Produk dan pasar

Ketika bicara produk yang sesuai permintaan pasar (market-fit product), maksudnya adalah sejauh mana sebuah produk atau jasa bisa memenuhi atau memuaskan permintaan pasar sebagai solusi terhadap masalah atau tantangan yang dihadapi pasar saat ini. Produk atau jasa ini tidak harus sesuatu yang terlalu visioner atau banyak ditunggu, tetapi merupakan sebuah solusi, jawaban yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Kemampuan Perusahaan untuk Berkembang

Sekadar ide cemerlang saja untuk bisnis Anda masih belum cukup jika perusahaan tidak punya kemampuan untuk mengembangkan bisnis, atau meningkatkan laba ketika dia mulai tumbuh dengan model bisnis yang bisa ditiru. Begitu sebuah bisnis bisa melewati skala keekonomiannya, dia akan makin melesat. Kemampuan untuk berkembang adalah penyebab lahirnya raksasa  perusahaan teknologi, yang kita sebut unicorn.

Kelembagaan

Perusahaan-perusahaan rintisan tidak harus melulu bergantung pada tim pendirinya. Di titik tertentu, proses bisnis dan sistem manajemen harus dilembagakan untuk memastikan pertumbuhan yang terus menerus dan berkelanjutan, mengurangi ketergantungan pada individu tertentu, dan sebaliknya bergantung para sistem yang andal dan manajemen yang profesional.

Lalu apa setelah unicorn?

Yang perlu dilakukan kemudian setelah mendapatkan status unicorn adalah mengatasi masalah-masalah yang muncul sepanjang proses tumbuh-kembang perusahaan. Salah satu contoh dari kisah East Ventures adalah Traveloka. Pada awal 2020, ketika Covid-19 pertama kali dikonfirmasi di Indonesia, Traveloka telah menyiapkan diri untuk menghadapi pandemi ini secara langsung. Saat pembatasan perjalanan mulai diberlakukan, mereka memutuskan untuk menghapus sama sekali biaya marketing, yang merupakan pengeluaran terbesar bagi perusahaan travel daring tersebut. Mereka bahkan mengambil keputusan lebih berat lagi dengan merampingkan operasi agar lebih efisien dan sesuai dengan situasi yang dihadapi.

Meskipun berada di masa sulit saat pandemi, Traveloka tetap bertahan dan kisah sukses ini dibuktikan dengan aktivitas operasional perusahaan yang terus berlangsung. Begitu masalah ini diatasi, mereka akhirnya bisa terus tumbuh dan meningkatkan kinerja perusahaan. Traveloka menjadi kian tangguh dan memperkuat posisinya sebagai market leader.

Traveloka

Traveloka hanya satu contoh tentang perusahaan yang lincah merespons sebuah kendala secara tepat waktu, dari banyak contoh lain di East Ventures. Sebagai pemodal ventura, kami bertekad untuk membantu para startup dalam memahami masalah sembari fokus pada kekuatan utama mereka, dan memungkinkan mereka untuk mencapai potensi yang sebenarnya dan akhirnya menjadi unicorn.

Melihat ke depan, bakal ada banyak tren bisnis yang bisa berdampak pada lahirnya startup-startup baru di Indonesia. Betapa pun, mengubah mereka menjadi unicorn bukan mimpi di siang bolong bagi para startup tersebut asalkan mereka bisa memenuhi berbagai standar yang telah disebutkan dan tetap bisa relevan.

*) Operating Partner EV Growth (EVG)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN