Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM). (Foto: Perseroan)

PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM). (Foto: Perseroan)

Selamat Sempurna (SMSM) Bakal Merger dengan Anak Usaha

Senin, 6 Juni 2022 | 12:00 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Emiten produsen suku cadang otomotif, PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) berencana menggabungkan usahanya dengan anak usahanya, PT Selamat Sempana Perkasa (SSP).

Direktur Keuangan SMSM Ang Andri Pribadi menjelaskan, penggabungan usaha yang direncanakan antara perseroan dan SSP memiliki manfaat-manfaat strategis.

Advertisement

Baca juga: Mitra Pinasthika (MPMX) Jual 50% Saham MPMRent ke CARRO Rp 783,8 Miliar

“Penggabungan SMSM dengan SSP akan mengintegrasikan proses produksi secara keseluruhan, meningkatkan sinergi pengadaan, mengintegrasikan aspek keuangan termasuk proses akuntansi, perpajakan, dan struktur permodalan yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja operasional dan finansial,” jelas Ang Andri dalam keterbukaan informasi, Senin (6/6/2022).

Dia melanjutkan, hal itu akan menciptakan perusahaan yang lebih sinergis, kuat, dan lebih efisien.

Selain itu, menurut dia, penggabungan akan menciptakan perusahaan yang lebih terintegrasi secara vertikal dengan portofolio produk yang lebih beragam. Kombinasi ini akan menciptakan perusahaan dengan kapasitas produksi dan aset yang lebih kuat dan mampu bersaing, dengan profitabilitas yang lebih stabil.

“Keberadaan SSP selaku badan hukum yang terpisah menimbulkan berbagai transaksi antarperusahaan seperti penagihan biaya antarperusahaan dan penempatan karyawan. Penggabungan akan menghapuskan duplikasi aktivitas serta beban administrasi tambahan tersebut dan meningkatkan efisiensi,” imbuh Ang Andri Pribadi.

Lebih jauh, peningkatan efisiensi dan efektivitas kegiatan operasional perusahaan penerima penggabungan akan menguntungkan seluruh pemangku kepentingan termasuk pemegang saham publik dari SMSM.

Saat ini, mayoritas saham SMSM dipegang oleh PT Adrindo Inti Perkasa sebanyak 50,54% dan sisanya 49,46% dipegang oleh masyarakat. Sementara, 100% saham SSP dikuasai oleh SMSM.

Baca juga: Pengendali Alihkan 35% Saham Mark Dynamics (MARK) ke Dua Entitas Ini

SSP merupakan sebuah perseroan terbatas berkedudukan di Tangerang, yang didirikan pada tahun 1990. SSP memproduksi rubber O-rings, rubber compounds, polyurethanes, dan perekat plastisol untuk industri otomotif.

Di dalam rencana penggabungan usaha, SSP akan menggabungkan diri dengan SMSM. SMSM akan menjadi perusahaan penerima penggabungan usaha dan setelah penggabungan usaha menjadi efektif, SMSM akan tetap menjadi perusahaan terbuka yang tercatat di BEI.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN