Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Perumahan FLPP. Foto: IST

Perumahan FLPP. Foto: IST

PUPR Pastikan Perpindahan FLPP Tak Ganggu Rumah Subsidi

Minggu, 5 Desember 2021 | 10:05 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan perpindahan dana subsidi dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) ke BP Tapera (Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat) tidak mengganggu proses pembiayaan rumah subsidi.

“Secara garis besar, kami sudah menyiapkan semuanya. BP Tapera pun sepakat bahwa tidak ada layanan yang terganggu. Mari kita bersama-sama mengawal, bersabar, dan koreksi bersama,”  ungkap  Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/12/2021).

Rakor rencana penyaluran KPR sejahtera FLPP tahun 2022
Rakor rencana penyaluran KPR sejahtera FLPP tahun 2022

Arief mengatakan, sesuai aturan dari amanah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111/PMK.06/2021 tentang Mekanisme Pengalihan Dana FLPP dari PPDPP ke BP Tapera, seluruh tugas PPDPP dalam rangka peralihan dana bantuan pembiayaan perumahan FLPP ke BP Tapera yang harus diselesaikan akhir 2021 ini telah terpenuhi.

PPDPP telah menyelesaikan reviu dari BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) terhadap seluruh dana FLPP yang telah dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) pada pos pembiayaan investasi untuk PPDPP dan telah dicairkan sejak tahun anggaran 2010 sampai dengan APBN tahun pelaksanaan pengalihan.

“PPDPP juga telah menyiapkan dokumen Perjanjian Tripartit dalam rangka penyaluran FLPP antara PPDPP, Bank Pelaksana Penyalur FLPP, dan BP Tapera,” kata dia.

Saat ini PPDPP telah menyelesaikan seluruh berkas BAST (Berita Acara Serah Terima) terkait Tata Kelola, Aset dan SDM yang merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1187/KPTS/M/2021 tentang Pengalihan Fungsi Pengelolaan Dana FLPP pada PPDPP kepada BP Tapera.

“Secara garis besar, kami sudah menyiapkan semuanya, BP Tapera sepakat bahwa tidak ada layanan yang terganggu. Mari kita bersama-sama mengawal, bersabar, dan koreksi bersama,” ujar Arief Sabaruddin.

Perumahan FLPP. Foto: IST
Perumahan FLPP. Foto: IST

Beragam dukungan dan harapan dari para pengembang perumahan terus mengalir terhadap peralihan FLPP ke BP Tapera. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Perumahan Real Estate Indonesia (REI), Moerod, yang berharap agar proses peralihan yang sedang dilakukan saat ini dapat berjalan lancar dan singkat

“Kami merasakan PPDPP selama ini sangat luar biasa, memposisikan kami sebagai mitra dan membantu para anggota kami,” imbuh Moerod.

Muhammad Syawali maupun Huliman yang merupakan pengurus Asosiasi Pengembang dan Pemasar Rumah Nasional (Asprumnas) berharap peralihan FLPP ini dapat melanjutkan program yang selama ini telah berjalan di PPDPP dan dapat ditingkatkan

“Kami apresiasi PPDPP sangat luar biasa melayani kami, dan selalu memberikan solusi dari apa yang kami hadapi,” ujar Syawali.

Komentar yang sama juga disampaikan oleh Endang Kawidjaja, Ketua Umum Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) maupun Daniel Djumali, Sekjen Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), dimana kecepatan layanan yang selama ini dilakukan oleh PPDPP dapat dipertahankan dan ditingkatkan ketika dikelola oleh BP Tapera.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN