Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kegiatan di pabrik Astra International. Foto: Investor Daily/DEFRIZAL

Kegiatan di pabrik Astra International. Foto: Investor Daily/DEFRIZAL

Astra Tetap ‘Ngegas’

Jumat, 23 Juli 2021 | 09:47 WIB
Parluhutan Situmorang

JAKARTA, investor.id - Kehadiran produk baru dan berlanjutnya insentif pajak pembelian mobil baru mendorong optimisme terhadap target kinerja keuangan PT Astra International Tbk (ASII) tahun ini. Pangsa pasar perseroan diperkirakan tetap di atas 52%.

Analis BRI Danareksa Sekuritas Stefanus Darmagiri mengungkapkan, Astra International mencatatkan peningkatan penjualan mobil pada Juni 2021 hingga menjadikan pangsa pasar penjualan mobil perseroan meningkat menjadi 56,3% dibandingkan posisi Mei 2021 sekitar 51,8%.

“Kenaikan pangsa pasar tersebut didukung oleh kehadiran mobil baru dan skema kredit yang lebih baik,” tulis dia dalam risetnya.

astra international
astra international

Secara nasional, penjualan mobil tumbuh 32,7% menjadi 72.720 unit pada Juni 2021, sehingga total penjualan mobil domestik sepanjang semester I-2021 mencapai 393.469 unit atau naik 50,8% dari periode sama tahun lalu.

“Total penjualan tersebut sudah sesuai dengan perkiraan kami. Angka tersebut setara dengan 50,4% dari target penjualan tahun ini,” jelas Stefanus.

Mengenai peningkatan pangsa pasar penjualan mobil oleh Astra, dia menyebutkan bahwa itu ditopang oleh kehadiran produk baru Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Peningkatan juga ditopang oleh dilanjutkannya insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) mobil.

“Meski pangsa pasar penjualan mobil perseroan meningkat pada Juni 2021, kami tetap memperkirakan pangsa pasar perseroan sebesar 52% tahun ini,” ungkapnya.

Harga saham ASII dalam satu dekade terakhir
Harga saham ASII dalam satu dekade terakhir

Pada semester II tahun ini, penjualan mobil diproyeksikan tetap positif, sehingga target penjualan mobil 780 ribu unit tahun ini bisa tercapai. Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan 46,5% dari realisasi sepanjang 2020.

Stefanus menegaskan, PPKM Darurat di Jawa dan Bali tidak akan berimbas besar terhadap penjualan mobil nasional. Penjualan mobil nasional diperkirakan tetap stabil pada Juli 2021. Terlebih, manufaktur mobil juga diperkirakan tetap berjalan baik, karena sebagian produknya diekspor. Berbagai faktor tersebut mendorong BRI Danareksa Sekuritas untuk mempertahankan rekomendasi beli saham ASII dengan target harga Rp 7.500. Target harga tersebut merefleksikan perkiraan PE tahun ini sekitar 11,2 kali.

Adapun laba bersih Astra International tahun ini diproyeksikan naik menjadi Rp 17,16 triliun dibandingkan tahun lalu Rp16,16 triliun. Pendapatan perseroan juga diperkirakan meningkat dari Rp 175,04 triliun menjadi Rp 214,49 triliun.

Kinerja keuangan Astra International
Kinerja keuangan Astra International

Sementara itu, tim riset Mirae Asset Sekuritas menyebutkan bahwa dengan asumsi aktivitas ekonomi lebih baik pada paruh kedua 2021, permintaan alat berat pertambangan dan konstruksi diperkirakan meningkat tahun ini. Perbaikan ekonomi juga sejalan dengan perkiraan berjalannya program vaksinasi Covid-19 yang diharapkan berdampak pada permintaan otomotif.

“Kami memperkirakan ekonomi secara perlahan akan terus membaik yang berujung terhadap stabilnya permintaan mobil dan sepeda motor. Begitu juga dengan harga komoditas diperkirakan terus meningkat, sehingga berdampak positif terhadap kinerja keuangan Astra,” jelas tim riset Mirae.

Tahun ini, laba bersih Astra diperkirakan meningkat menjadi Rp 17,71 triliun dibandingkan tahun lalu Rp 16,16 triliun. Pendapatan juga diharapkan tumbuh dari Rp 175,04 triliun menjadi Rp 206,82 triliun.

Menara Astra International. Foto: dok. Astra
Menara Astra International. Foto: dok. Astra

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN