Menu
Sign in
@ Contact
Search

Kapasitas Produksi Pabrik Lenovo 50 Ribu Per Bulan

Jumat, 6 November 2015 | 11:41 WIB
ah (redaksi@investor.id)

JAKARTA- President MBG Group Lenovo dan Chairman Motorola Mobility Operating Board Chen Xudong mengatakan, Indonesia merupakan negara penting bagi Lenovo. Oleh karena itu, Lenovo berinisiatif membangun pabrik smartphone di Indonesia.


Pembangunan pabrik ponsel Lenovo itu bermitra dengan perusahaan lokal PT Tridharma Kencana (TDK). Pabrik ponsel itu akan dibangun di Serang, Banten, dengan tiga lini produksi dan kapasitas produksi 75-150 ribu unit per bulan.


Sayangnya, Chen tidak membeberkan jumlah dana investasi untuk membangun pabrik tersebut. “Indonesia merupakan salah satu negara penting bagi kami di kawasan Asean. Kami sangat senang, karena dapat memperluas kehadiran kami di Indonesia dan memperkuat komitmen jangka panjang melalui pabrikasi lokal smartphone Lenovo di Indonesia,” ujar Chen di Jakarta, Rabu (4/11).


Sementara itu, MBG Country Lead Lenovo Indonesia Adrie R Suhadi menambahkan, pada tahap awal, Lenovo baru akan memenuhi TKDN sebesar 20%. “Tahap pertama atau inisiasi sebesar 20%, kemudian secara bertahap akan ditingkatkan sampai 30% pada 2017,” kata Adrie.


Namun, peningkatan 30% akan dilakukan Lenovo dalam bentuk konten lokal, dalam hal ini adalah penambahan aplikasi-aplikasi lokal.


Selain itu kehadiran toko dan layanan cloud yang berbasis di Indonesia juga termasuk di dalamnya. Selain itu, Lenovo juga berencana membuat desain house di Indonesia. Ini juga bagian dari pemenuhan TKDN 30%.


“Indonesia merupakan pasar smartphone terbesar di dunia. Menurut prediksi IDC (International Data Corporation) sebanyak 29,77 juta smartphone akan dikirim ke Indonesia pada tahun ini (2015). Kami berkomitmen untuk melayani pasar dalam negeri dengan produk-produk buatan Indonesia,” jelas Adrie.


Adapun ponsel-ponsel 4G pertama Lenovo yang diproduksi di Serang adalah A2010 dan A6010. Kedua ponsel itu, bahkan sudah mulai beredar di pasaran, terutama yang A2010. Ponsel yang disiapkan untuk mengincar segmen low-end ini dibanderol sekitar Rp 1,2 jutaan. (man)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com