Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Manfaat Ekonomi Solusi ERP Epicor Melebihi US$ 5 Juta

Selasa, 19 Agustus 2014 | 17:26 WIB
Alex Dungkal dan Emral Ferdiansyah

JAKARTA - Epicor Software Corporation, perusahaan global dalam bidang teknologi yang menawarkan solusi software bisnis untuk perusahaan manufaktur, distribusi, ritel, dan jasa mengumumkan, hasil studi terbaru mengenai total Economic Impact (TEI).

Berdasarkan analisis, enterprise resource planning (ERP) Epicor memungkinkan perusahaan mencapai keuntungan finansial yang disesuaikan dengan risiko bernilai lebih dari $3,8 juta, dengan return on investment (ROI) sesuai risiko sebesar 103% dan periode imbal balik investasi selama 15 bulan. Selain dari penghematan produktivitas mencapai US $ 1, 25 juta, sehingga total manfaat ekonominya mencapai lebih dari $ 5 juta.

"Melalui ERP Epicor, perusahaan bisa mendapatkan manfaat bisnis yang signifikan dan peningkatan produktivitas di seluruh manajemen rantai suplai, manajemen produksi, perencanaan, penjualan, fungsi keuangan dan IT, termasuk inventarisasi meningkat sehingga mengurangi tingkat inventarisasi rata-rata sebesar 15%,” kata Executive Vice President and Chief Marketing Officer for Epicor, John Hiraoka dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (19/8).

Sepeti diketahui studi yang dilakukan Epicor ini meneliti potensi laba atas investasi (Return On Invesment/ROI) yang bisa diraih perusahaan ketika menerapkan solusi perencanaan sumber daya perusahaan atau enterprise ERP dari Epicor.

Studi yang dilakukan pada Juni 2014 ini diprakarsai oleh lembaga peneliti independen, Forrester Consulting atas nama Epicor, dengan judul penelitian The Total Economic Impact of Epicor ERP: Cost Savings and Business Benefits Attributed to Epicor ERP.

Penelitian ini didasarkan pada wawancara terperinci dengan sejumlah pelanggan terkemuka Epicor di seluruh dunia. Mengumpulkan atribut dan pengalaman mereka dalam membentuk organisasi perusahaan, Forrester mengembangkan kerangka kerja untuk mengukur potensi dampak keuangan dan imbal balik investasi dari penggunaan ERP Epicor di suatu perusahaan.

Hiraoka mengatakan, penerapan solusi ERP Epicor dapat menghemat waktu sebesar 12% (2.500 jam per tahun) dalam hal kontrol produksi dari penggunaan visual Epicor dan kemampuan manufakturing yang lebih ramping. Selain itu, ada peningkatan produktivitas karena manufacturing execution system (MES) terintegrasi untuk visibilitas online dari lantai pabrik dan transaksi berdasarkan pabrik, peningkatan produktivitas sales dan peningkatan kepuasan pelanggan melalui estimasi sales yang lebih akurat.

“Manfaat lainnya terpenuhinya pesanan, pemrosesan order-to-cash yang lebih ramping, dan e-commerce mandiri untuk pemesanan dan penelusuran pesanan, peningkatan visibilitas keuangan di seluruh perusahaan dan kontrol terhadap proses pelaporan, perencanaan, dan perkiraan keuangan, sekaligus tetap memenuhi standar perusahaan, keuangan dan perdagangan internasional,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, berdasarkan studi juga ditemukan manfaat peningkatan produktivitas melalui penyusunan dan penegakan proses bisnis, peringatan, dan alur kerja yang unik, yang menghapus pemborosan di proses bisnis yang penting tanpa merugikan software. Disisi lain, dengan waktu yang relatif cepat mampu mengimplementasikan dan mengoperasikan, serta menurunkan cost of ownership dan mempercepat ROI.

"Pelanggan bisa meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kinerja dan ini semua menghasilkan pengalaman yang lebih baik bagi partner dan pelanggan mereka dan bisa memberikan keuntungan kompetitif yang lebih tahan lama untuk perusahaan mereka,” tuturnya.

Dibangun di atas dasar 100% arsitektur yang berorientasi layanan dan teknologi Microsoft NET, ERP Epicor merupakan solusi software enterprise end-to-end khusus industri untuk perusahaan yang memberikan kebebasan penuh dalam hal pilihan pengoperasi, baik di lokasi perusahaan, hosted, atau di awan sebagai solusi software as a service (SaaS). (mam)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN