Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Evolusi Teknologi Terkait Kecepatan Data Transfer

Kamis, 13 April 2017 | 11:10 WIB
Oleh Emanuel Kure dan Imam Suhartadi

Di tempat terpisah, pengamat teknologi informasi (TI) Heru Sutadi mengatakan, teknologi secara evolusi dari 1G, 2G, 3G, 4G, sampai 5G perkembangan utamanya adalah masalah kecepatan data transfer yang kian meningkat.

 

“Termasuk juga 5G, kecepatannya akan masuk dari ratusan Mbps hingga ke Gbps. Memang ada kelebihan lain di mana pengguna yang menggunakan jaringan dalam bersamaan juga bisa meningkat, namun ini belum terkonfirmasi. Termasuk juga belum jelas, apakah 5G akan merupakan evolusi dari 4G, atau akan difungsikan menggantikan Wi-Fi,” kata mantan komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) itu.

 

Dia mengatakan, sebelum implementasi 5G diperlukan banyak persiapan, seperti alokasi spektrum frekuensi, manfaat bagi industri nasional dan regulasi terkait karena ada potensi 5G juga dipakai untuk IoT.

 

Di sisi lain, ekosistem harus dibangun bersama, dengan mengajak semua stakeholders berdiskusi duduk bersama. Upaya ini diperlukan agar jangan sampai Indonesia hanya jadi pasar saja, di mana operator adopsi teknologi 5G, tapi pendapatannya tidak bergerak karena teknologi baru dipastikan mahal.

 

“Kalau secara alami, biasanya adopsi teknologi akan dimulai dari kota besar. Sementara teknologi yang dipakai di kota-kota besar akan dipakai untuk menggantikan teknologi sebelumnya yang dipakai di kota kota kecil. Jadi, kalau ada adopsi 5G, teknologi 3G atau 4G akan di-swap dan di pasang di wilayah dengan teknologi 2G, atau yang sebelumnya 3G diganti dengan 4G,” katanya.

 

Lebih lanjut Heru menjelaskan, hampir semua vendor sekarang mengklaim siap untuk implementasikan 5G seperti Ericsson dan Huawei, tapi semua masih mengujicobanya di laboratorium. (lm)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN