Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Huawei-Telkomsel Sudah Uji Coba Teknologi 4,5G

Kamis, 13 April 2017 | 11:32 WIB
Oleh Emanuel Kure dan Imam Suhartadi

Deputy Director Public Affairs and Communication Department PT Huawei Tech Investment atau Huawei Indonesia Yunny Christine mengungkapkan, mulai tahun 2016, Huawei bersama Telkomsel sudah melakukan uji coba teknologi 4,5G di Jakarta. Pekan lalu, keduanya juga bekerja sama untuk menguji coba teknologi Massive Multiple-Input and Multiple-Output (MIMO). Semuanya dilakukan untuk mempersiapkan penerapan teknologi 5G di Indonesia.

 

“Terkait kapan penerapan 5G di Indonesia, itu memang tergantung dengan kesiapan ekosistem dan regulasinya. Soal apakah nanti, dalam aplikasi 5G, perangkat ponsel dan SIM card harus diganti yang baru dan menyesuaikan, seperti ketika peralihan dari 3G ke 4G, itu belum ditentukan modelnya. Karena, ekosistemnya kan juga belum siap, masih uji coba,” kata Yunny.

 

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan, uji coba Massive IoT kali ini menggunakan teknologi radio akses Narrowband IoT (NB-IoT) yang sepenuhnya memenuhi standar 3GPP. “Uji coba dilakukan pada frekuensi 900 MHz dengan metode stand alone, sehingga jangkauannya lebih dalam, atau lebih luas,” katanya.

 

Sementara itu, Deputy CEO Huawei Indonesia Sun Xi Wei mengungkapkan, uji coba Massive IoT yang didukung teknologi LPWA NB-IoT dari Huawei merupakan sebuah terobosan besar yang akan memberikan banyak manfaat untuk memberdayakan IoT yang lebih efisien pada konektivitas mobile di Indonesia.

 

“Kemitraan teknologi ini didasarkan pada hubungan strategis dan teknis dalam mengatasi kompleksitas, juga mempersingkat waktu ke pasar aplikasi IoT. Sebagai penyedia solusi ICT terkemuka, Huawei bangga untuk berpartisipasi dalam keberhasilan demo NB-IOT smart water meter dan smart parking bersama Telkomsel untuk pertama kalinya di Indonesia,” ungkap Sun.

 

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menyiapkan spektrum frekuensi 28 GHz untuk penerapan teknologi generasi kelima (5G) di Tanah Air. Lebar pita frekuensi pada band tersebut mencapai 2.000 MHz, sehingga sangat ideal untuk penerapan teknologi 5G.

 

Meski begitu, pemerintah belum bisa memastikan kapan terjadinya penerapan teknologi tersebut. . (lm)

 

Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/home/rudiantara-kehadiran-teknologi-5g-sangat-bermanfaat/158910

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN