Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Indonesia 5G Forum Dorong Pengembangan Teknologi Telkom

Kamis, 2 Juli 2015 | 09:37 WIB
ah

JAKARTA-Indonesia 5G Forum, sebuah forum yang didasari inisiatif komunitas berbasis riset teknologi seluler generasi ke lima dibentuk guna mendorong kerja sama riset dan pengembangan teknologi di bidang telekomunikasi dan ICT.

Siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan forum tersebut akan mendorong pemanfaatan teknologi yang inovatif dan berdaya guna serta memberikan masukan dan rekomendasi kepada pemerintah dan regulator mengenai kebijakan terkait 5G yang berkecepatan data hingga 10.000 Mbps dan pemanfaatannya.

Forum tersebut diketuai Sigit Wigati Puspito Jarot, mantan komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia yang juga dosen dari Universitas Telkom. Ada pun praktisi yang menjadi pioner pembuatan chip generasi ketiga di Indonesia, Eko Fajar, menjadi wakil ketua forum.

Pembentukan forum itu didasari atas prestasi Indonesia selama ini yang dikenal sebagai pasar bagi produk teknologi seluler.

Dalam perkembangannya, teknologi seluler generasi pertama diperkenalkan pada 1984, diikuti generasi kedua (2G) pada 1993 dan generasi ketiga (3G) pada 2003 serta generasi keempat (4G) pada 2014.

Melihat perkembangannya yang begitu cepat dan penetrasinya ke Indonesia yang besar, perlu ada pemanfaatan yang lebih besar bagi Indonesia, tak hanya dari sisi pemakainya tapi juga pada ekosistem nasional dan dampak ekonominya.

Selain itu, perlu ada upaya menguatkan posisi Indonesia tidak hanya sebagai pasar tapi menjadi pelaku yang diperhitungkan disamping juga untuk mendapatkan peluang berkontribusi dan mengejar ketertinggalan di bidang teknologi itu.

Pembentukan Indonesia 5G Forum itu, dinilai bisa jadi wadah untuk membahas teknologi seluler generasi ke lima (5G) dan pemanfaatannya bagi Indonesia ke depan.

Ada beberapa "Working Group" (Kelompok Kerja/Pokja) dan akan melakukan banyak kegiatan antara lain temu ilmiah (technical meeting), sosialisasi tren teknologi kepada pemangku kepentingan, seminar, workshop, kerja sama riset dan kolaborasi dengan forum sejenis di berbagai negara.

Sejumlah Pokja yang akan dimiliki antara lain Working Group Radio and Network Technology (WG-RN) , Working Group Services and Applications (WG-SA), Working Group Security and Privacy (WG-SP) dan Working Group Spectrum and Regulation (WG-SR).(*/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

BAGIKAN