Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkominfo Johnny G Plate (kedua dari kiri) saat meresmikan fasilitas NOC di Waingapu, Sumba Timur, NTT, Sabtu (21/12). (Foto: Emanuel Kure/ID)

Menkominfo Johnny G Plate (kedua dari kiri) saat meresmikan fasilitas NOC di Waingapu, Sumba Timur, NTT, Sabtu (21/12). (Foto: Emanuel Kure/ID)

Menkominfo: Palapa Ring Buka Akses Internet Wilayah 3T

Senin, 23 Desember 2019 | 09:00 WIB
Emanuel Kure (emanuel.kure@beritasatumedia.com)

WAINGAPU, NTT, investor.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, selesainya pembangunan jaringan fiber optik tulang punggung (Palapa Ring) akan menjamin akses internet di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Tanah Air.

Pembangunan Palapa Ring, atau disebut sebagai infrastruktur telekomunikasi tol langit, yang dikombinasikan dengan satelit multifungi milik pemerintah akan membuat sinyal telekomunikasi dan intenet di daerah 3T menjadi lancar. Infrastruktur tol langit memaksimalkan akses internet 4G ke daerah-daerah yang selama ini belum terjangkau.

Hal itu disampaikan Menkominfo dalam rangkaian kunjungan kerja ke lokasi akses internet dan Pusat Operasi Jaringan (Network Operation Center/NOC) Proyek Palapa Ring di Waingapu (Sumba Timur), Reo (Manggarai), Labuan Bajo (Manggarai Barat), serta Kisol (Manggarai Timur), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis-Sabtu (19-21/12).

“Kami akan bekerja keras dalam membangun infrastruktur telekomunikasi dan digital. Ketersediaan infrastruktur tersebut penting karena saat ini sedang terjadi transformasi di segala bidang dari dunia fisik ke digital. Kita bertransformasi, bermigrasi menuju bangsa digital, perlu kerja yang luar biasa dari kita sekalian,” kata Johnny.

Kementerian yang dipimpinnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus membangun infrastruktur telekomuniaksi, melakukan literasi digital kepada masyarakat, dan mendukung pengembangan ekosistem digital agar tercipta peningkatan demand terhadap internet terutama di daerah 3T.

Johnny menegaskan, peningkatan akses internet juga sangat berkaitan dengan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keahlian dalam menggunakan teknologi digital. Karena itu, Kemenkominfo membuat program Beasiswa Talenta Digital (Digital Talent Scholarship).

Dia mengungkapkan, di Provinsi NTT, Kemenkominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (Bakti) telah menyediakan akses internet di 667 lokasi, yakni di sekolah, Puskesmas, Balai Latihan Kerja (BLK), dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Sementara itu, jumlah base transceiver station (BTS) yang akan dibangun mencapai 328 BTS hingga 2020. Saat ini, sebanyak 115 BTS yang sudah dibangun dan beroperasi (on air). Bakti akan membangun sisanya pada 2020.

Dukung Pariwisata

Johnny juga menuturkan, pihaknya siap mendukung kemudahan aksesibilitas pada kawasan destinasi wisata super prioritas Labuan Bajo dengan mewujudkan konektivitas melalui berbagai pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

Pemerintah tengah menyelesaikan lima Bali Baru, yaitu Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (NTT), Danau Toba (Sumatera Utara), dan Bunaken (Sulawesi Utara).

“Pemerintah tengah membangun banyak kawasan wisata. Untuk itu, kami akan mendukung dengan memadukan dan membangun fasilitas pendukungnya, yaitu infrastruktur sarana dan prasarana telekomunikas agar ada kemudahan aksesibilitas terjadi di titik-titik wisata tersebut,” tegasnya.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN