Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Rudiantara: 5G Paling Cepat Diterapkan pada 2020

Sabtu, 5 Desember 2015 | 08:41 WIB
Oleh Rizagana dan Emanuel Kure

Senada, Rudiantara mengatakan, saat ini masyarakat Indonesia baru mulai menikmati ‘euforia’ teknologi 4G. Kehadiran teknologi 5G memang tidak bisa dipungkiri, namun penerapannya masih butuh waktu. “Teknologi 5G itu paling cepat baru bisa diterapkan pada 2020,” kata Rudiantara belum lama ini.

 

Meski demikian, lanjut Rudiantara, kita harus mulai mempelajarinya, mulai dari bisnis modelnya seperti apa, dampak bagi masyarakat, dan keuntungannya. Teknologi 5G ini harus dilihat dari kacamata konsumen sebagai pemakai, dari sisi para pemain industri, maupun aspek regulasi yang mengaturnya.

 

Kristiono sependapat, tahun 2020 merupakan jangka waktu yang ideal bagi Indonesia untuk menerapkan teknologi 5G. Sebab, masyarakat, pelaku industri, dan pemerintah memiliki waktu lima tahun untuk mempelajari teknologi 5G dan bisnis modelnya, menata regulasi, serta melakukan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat teknologi 5G.

 

“Saat ini kita masih di generasi keempat atau 4G, tetapi generasi kelima (5G) akan dimanfaatkan dalam lima tahun lagi. Namun, kita jangan menunggu teknologi ini sudah mau dikomersialkan baru membeli. Ini berarti kita akan terlambat dan tidak bisa mengambil peran yang signifikan,” kata Kristiono. (ID/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN