Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Startup Bilik Kerja Akomodasi Pekerja Lepas dan Milenial

Minggu, 11 Maret 2018 | 15:17 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

JAKARTA- Bilik Kerja, platform penyedia lapangan kerja asal Indonesia siap mengakomodasi para pekerja lepas dan kalangan milenial. Platform ini menghubungkan antara pencari kerja dan pemberi kerja. Namun, yang membedakan dengan platform lain, Bilik Kerja membuka kesempatan untuk calon pekerja dengan waktu kerja fleksibel.

 

Chief Executive Officer (CEO) Bilik Kerja Putut Wibowo mengatakan kehadiran Bilik Kerja tidak lepas dari perubahan yang ditawarkan teknologi saat ini. Berbekal aplikasi, Bilik Kerja bermaksud membantu penyerapan tenaga kerja terutama untuk generasi muda (milenial).

 

“Solusi Bilik Kerja yang kami tawarkan ini mendorong penyerapan tenaga kerja terutama pekerja yang memilih mengambil pekerjaan paruh waktu,” kata Putut saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (9/3).

 

Untuk mendukung penyerapan tenaga kerja yang optimal, Bilik Kerja melakukan kerja sama dengan sejumlah pihak. “Kami bekerja sama dengan Hotel Human Resources Managers Association untuk memastikan penyerapan kerja. Tak hanya itu, kami juga melakukan screening untuk memastikan kualitas pencari kerja yang ada di platform kami,” ujar Putut.

 

Menurut Putut, platform Bilik Kerja sudah mulai berjalan sejak dua bulan lalu. Namun belum beroperasi secara penuh. Pasalnya, pihaknya sedang menyiapkan platform ini dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store.

 

“Aplikasi kami memang belum ada di Play Store, tapi pencari kerja yang tertarik dapat mendapatkannya dengan lebih dulu menghubungi kami melalui situs resmi Bilik Kerja,” tutur Putut.

 

Jadi, pencari kerja cukup mendaftarkan alamat email-nya di situs resmi Bilik Kerja. Setelah itu, ia akan mendapatkan akses untuk mengunduh aplikasi Bilik Kerja dan mulai melakukan pendaftaran.

 

“Rencananya, kami akan merilis aplikasi secara publik di akhir bulan ini. Kami juga masih terus meningkatkan kapasitas server untuk mampu menampung lebih banyak pendaftar,” ungkap Putut.

 

Putut menjelaskan, Bilik Kerja mengakomodasi 8 kategori kerja, yaitu sektor restoran dan caffe, hotel dan villa, pengajar sekolah, kesehatan, kecantikan, konstruksi dan engineering, hiburan, dan perbankan.

 

“Pada kuartal ini, terdapat sekitar 7 ribu user yang terserap. Nah nantinya, setelah ada aplikasi, kami targetkan untuk menyerap sekitar 75 ribu user sampai akhir tahun ini,” jelas Putut.

 

Sedangkan, Chief Operation Officer (COO) Bilik Kerja Rull Panji Suroso menuturkan, layanan yang ditawarkan ini membantu pencari kerja mendapatkan kerja dinilai berdasarkan kemampuannya. Selain itu, berbekal platform ini proses pencarian talenta yang dibutuhkan penyedia kerja juga lebih singkat.

 

“Di dunia kerja, tak tertutup kemungkinan seseorang memang berhasil diterima karena ada beberapa faktor, seperti kedekatan atau chemistry. Namun, di layanan ini kami memberikan informasi pada para penyedia kerja mengenai talenta-talenta yang lebih luas,” tegas Panji.

 

Hal ini tentu dapat membantu penyedia kerja untuk mendapatkan pekerja yang sesuai dengan kebutuhan dalam waktu singkat. Dari sisi pencari kerja, mereka juga dapat mengetahui informasi lowongan kerja yang diinginkan, termasuk kalkulasi perhitungan gaji. Tidak hanya itu, platform Bilik Kerja lebih banyak mengakomodir pekerja dengan waktu yang fleksibel. Jadi, perhitungan pendapatan dilakukan berdasarkan jam kerja.

 

“Para calon pekerja juga dapat menyesuaikan jadwal kerja sesuai dengan kemampuannya. Misalnya, ketika seseorang berkunjung ke Bali dalam rangka liburan, tapi tetap ingin mendapatkan pemasukan, ia dapat memanfaatkan platform ini,” tambah Panji. (man)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN