Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Bitcoin (BTC)

Ilustrasi Bitcoin (BTC)

Yuk! Pahami Sentimen Pasar Lewat Crypto Fear and Greed Index Biar Makin Cuan

Kamis, 20 Januari 2022 | 06:20 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id - Saat mulai aktif melakukan jual beli atau berinvestasi di aset kripto, pasti kamu sering mendengar atau melihat Crypto Fear and Greed Index yang dibagikan di sosial media atau dibicarakan oleh komunitas kripto. Sebetulnya apa itu Fear and Greed Index, dan apa kegunaanya? Dikutip dari pintu.co.id, Kamis (20/1) berikut pengertian dan kegunaan Fear and Greed Index.

Fear and Greed Index adalah skor yang menggambarkan sentimen pasar kripto dengan rentang skor mulai dari 0 hingga 100. Namun, perlu dicatat bahwa terlepas dari namanya, Crypto Fear & Greed Index hanya mengukur Bitcoin saja, bukan pasar aset kripto secara keseluruhan.

Fear (skor 0 sampai 49) menunjukkan bahwa pasar undervalued dan oversupply, yang dapat menjadi sinyal waktu yang tepat untuk membeli, atau untuk buy the dip. Sementara Greed (skor 50 hingga 100), menunjukkan bahwa cryptocurrency dinilai terlalu tinggi dan mungkin berada di tengah-tengah bubble. Hal ini dapat menjadi tanda bahwa periode pasar yang bullish dapat segera berakhir.

Baca juga: Yuk Pahami 9 Perbedaan Saham dan Kripto untuk Investasi!

Ada lima komponen yang diukur untuk menentukan Crypto Fear & Greed Index, menurut Alternative.me. yaitu:

1.Volatilitas

Volatilitas harga menyumbang 25% dari total indeks penilaian. Komponen penilaian ini melihat harga Bitcoin saat ini dan membandingkannya dengan rata-rata 30 dan 90 hari.

2.Momentum/Volume Pasar

Momentum/Volume Pasar digunakan sebagai penilai level bullish di pasar. Komponen ini menyumbang 25% dari total indeks penilaian, dan melihat volume dan momentum perdagangan Bitcoin saat ini, membandingkannya dengan rata-rata 30 dan 90 hari, kemudian menggabungkan hasilnya.

3.Media Sosial

Media Sosial menyumbang 15% dari indeks penilaian. Komponen media sosial pada dasarnya mengukur tagar Twitter yang berfokus pada Bitcoin, dan melihat kecepatan dan jumlah interaksi mengenai topik Bitcoin. Tingkat interaksi yang lebih tinggi dari normal dianggap sebagai perilaku pasar yang greed.

4.Dominasi

Dominasi yang menyumbang 10% dari skor indeks merepresentasikan seberapa besar presentase atau market cap Bitcoin dari keseluruhan kapasitas pasar kripto. Meningkatnya dominasi Bitcoin dapat diartikan adanya pengurangan investasi pada altcoin yang lebih berisiko dan Bitcoin dianggap menjadi aset yang lebih aman untuk berinvestasi. Sementara itu, penurunan dominasi Bitcoin dapat berarti bahwa orang lebih suka dengan berinvestasi di Altcoin yang lebih berisiko.

Baca juga: Platform Jual Beli NFT OpenSea Beli Dompet Kripto Dharma Labs

5.Tren

Komponen terakhir adalah tren yang menyumbang 10% dari total penilaian indeks. Tren maksudnya adalah volume pencarian terhadap topik bitcoin yang dapat dilihat pada Google Trend. Apabila volume pencarian terhadap berita negatif terkait Bitcoin meningkat, maka hal itu pertanda bahwa sentimen pasar ke arah fear.

Pada dasarnya, Crypto Fear & Greed Index merupakan alat yang berguna untuk memahami sentimen pasar. Selain dapat dibaca dengan mudah, Fear and Greed Index memperhitungkan berbagai komponen, mulai dari volatilitas hingga volume pencarian kata kunci di mesin pencarian.

Namun, perlu diperhatikan bahwa volatilitas harga Bitcoin dapat menyebabkan perubahan Indeks yang sangat tajam dan dalam waktu yang sangat singkat. Sehingga, indeks ini sebaiknya tidak jadi satu-satunya patokan dalam mengambil keputusan investasi, meskipun dapat menjadi salah satu sumber acuan.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN