Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi bursa saham AS Wall Street. ( Foto: AFP / Johannes Eisele )

Ilustrasi bursa saham AS Wall Street. ( Foto: AFP / Johannes Eisele )

Wall Street Bergerak Fluktuatif, Respons Data Ekonomi Beragam

Jumat, 17 September 2021 | 06:21 WIB
S.R Listyorini

Investor.id – Tiga indeks utama saham di bursa Wall Street bergerak fluktuatif dan ditutup bervariasi dengan Dow kembali jatuh 63 poin pada perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB). Investor mencerna pembacaan ekonomi beragam yang dirilis Kamis.

Rata-rata blue-chip ditutup 63,07 poin, atau 0,2% lebih rendah, pada 34.751,32 setelah jatuh sebanyak 274 poin di awal sesi perdagangan. S&P 500 merosot hampir 0,2% menjadi 4.473,75. Nasdaq Composite melawan tren dan menambahkan 0,1% menjadi ditutup pada 15.181,92.

Penjualan ritel Agustus mengejutkan pasar dan naik 0,7% dari bulan sebelumnya, Biro Sensus melaporkan Kamis. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan penurunan 0,8% dari bulan ke bulan.

Sementara itu, data mingguan klaim pengangguran terbaru menunjukkan 332.000, lebih tinggi dari perkiraan ekonom yang disurvei oleh Dow Jones sebesar 320.000.

"Orang-orang mulai melihat bahwa beberapa data ekonomi yang kami terima akhir-akhir ini telah dipengaruhi oleh Covid varian delta," kata Victoria Fernandez, kepala strategi pasar di Crossmark Global Investments. "Saya pikir kita akan melihat sedikit 'dua langkah maju, satu langkah mundur' di pasar selama beberapa minggu ke depan."

Nama pertambangan Freeport-McMoRan dan Newmont adalah penghambat terbesar di S&P 500 pada hari Kamis, masing-masing turun 6,6% dan hampir 4%.

Saham energi, yang muncul sehari sebelumnya, turun tipis dengan ETF SPDR Sektor Energi Terpilih ditutup turun sekitar 1% lebih rendah.

Pada sisi positifnya, saham Moderna naik 1,4% setelah perusahaan merilis lebih banyak data tentang terobosan kasus Covid yang mendukung dorongan untuk penggunaan vaksin booster secara luas.

Tiga indeks saham utama AS berada di zona merah untuk bulan September. Setelah kenaikan tujuh bulan berturut-turut untuk S&P 500 dan reli mendekati 20% ke rekor tahun ini, banyak orang di Wall Street mengharapkan perdagangan yang lebih bergelombang dan pengembalian yang lebih rendah untuk sisa tahun ini.

Jumat menandai tanggal penting bagi pasar karena sepertiga akhir September secara historis melihat kinerja terburuk bulan ini. S&P 500 biasanya mencapai puncaknya sekitar 17 September sebelum dijual hingga akhir September.

Hari itu juga bertepatan dengan berakhirnya opsi saham, opsi indeks, saham berjangka dan indeks berjangka — peristiwa triwulanan yang dikenal sebagai “quadruple witching” atau “triple witching” — yang dapat menyebabkan volume perdagangan tinggi.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : CNBC.com

BAGIKAN