Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pasangan warga Jepang menyebrang di jalanan Tokyo, pada 7 Desember 2020. ( Foto: Charly Triballeau / AFP )

Pasangan warga Jepang menyebrang di jalanan Tokyo, pada 7 Desember 2020. ( Foto: Charly Triballeau / AFP )

Jepang Bantah Akan Batalkan Olimpiade Tokyo

Jumat, 22 Januari 2021 | 13:40 WIB
Fajar Widhiyanto

Jakarta - Jepang menggandakan komitmennya untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Tokyo tahun ini, dan dengan tegas membantah laporan pada hari Jumat tentang pembatalan.

Meskipun sebagian besar kawasan di Jepang berada dalam kondisi darurat akibat gelombang ketiga infeksi Covid-19, penyelenggara Olimpiade Tokyo secara konsisten berjanji untuk tetap menggelar ajang olah raga terbesar yang dijadwalkan dibuka pada 23 Juli. Ajang Olimpiade Tokyo sejatinya harus digelar pada Maret tahun lalu, dan harus ditunda akibat penyebaran pandemi Covid-19.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan "tidak ada kebenaran" dalam sebuah laporan yang dilansir The Times, bahwa Jepang sekarang fokus pada penjadwalan ulang acara tersebut di tahun 2032.

"Kami dengan jelas menolak laporan itu," kata Wakil Ketua Sekretaris Kabinet Manabu Sakai dalam konferensi pers, Jumat.

Panitia penyelenggara Tokyo 2020 juga membantah laporan itu, mengatakan mitranya termasuk pemerintah Jepang dan Komite Olimpiade Internasional "sepenuhnya fokus" untuk menyelenggarakan pertandingan sesuai jadwal.

Sejumlah sikap sempat ditunjukkan oleh Komite Olimpiade Australia dan Amerika Serikat yang mengatakan bahwa mereka mempersiapkan tim Olimpiadenya sesuai rencana. "Saya perlu mengatasi rumor yang tidak berdasar bahwa Olimpiade Tokyo akan dibatalkan, rumor yang hanya membuat lebih banyak kecemasan bagi para atlet," kata Matt Carroll, kepala eksekutif komite Australia di Sydney, Jumat (22/1) seperti dilansir Reuters.

"Pertandingan Tokyo sudah dimulai. Api akan dinyalakan pada tanggal 23 Juli 2021," demikian setidaknya sikap yang muncul terkait penyelenggaraan Olimpiade Tokyo.

Sementara itu panitia Olimpiade dari Amerika Serikat dan Kanada menulis di laman Twitter mereka, bahwa mereka belum menerima informasi apa pun yang menunjukkan bahwa Olimpiade akan ditunda atau bahkan dibatalkan.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN