Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Krisis Covid-19

Penyebaran Terus Luas di Latin, Eropa Menuju Normal Baru

Grace Eldora, Rabu, 3 Juni 2020 | 07:55 WIB

RIO DE JANEIRO, investor.id – Jumlah kematian global akibat infeksi virus corona Covid-19 mencapai 375.000 pada Selasa (2/6). Sementara penyebaran terus meluas di Amerika Latin, Eropa bergerak menuju kenormalbaru. Pemerintah Prancis menjadi yang terbaru mengizinkan tempat-tempat makan beroperasi lagi.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan, sistem perawatan kesehatan di seluruh Amerika Latin berisiko kewalahan oleh penyakit tersebut. Pada kematian akibat Covid-19 di Brasil mendekati angka 30.000 jiwa.

Peringatan dari badan kesehatan global itu keluar saat badan PBB lainnya, International Civil Aviation

Organization (ICAO), mengeluarkan pedoman baru untuk maskapai penerbangan yang terdampak pandemi. Badan tersebut mengumumkan prosedur penerbangan pada saat pesawat penumpang kembali diizinkan beroperasi.

Penyebaran luas Covid-19 di seluruh benua Amerika terjadi saat bagian lain dunia menuju kenormalan yang baru, setelah menjalankan pembatasan selama berminggu-minggu. Walaupn telah menghancurkan ekonomi dan menyebabkan jutaan orang menganggur.

Sekolah, kolam renang, klub malam, dan lokasi wisata sudah kembali dibuka di Eropa. Benua ini tersebut melanjutkan pelonggaran meskipun ada ancaman gelombang infeksi kedua. Pandemi ini telah menginfeksi sedikitnya 6,2 juta orang sejak muncul di Tiongkok pada akhir 2019.

Kepala Kedaruratan WHO Michael Ryan mengatakan pada Senin (2/6), saat ini empat dari 10 negara di dunia dengan jumlah terbesar infeksi Covid-19 di Amerika Latin. Brasil, Peru, Cile, dan Meksiko menglami kenaikan harian tertinggi kasus positif Covid-19. Jumlah kasus positif juga terus meningkat di Argentina, Bolivia, Kolombia, dan Haiti.

Wilayah Amerika Latin telah mencatat satu juta kasus dan mencatat lebih dari 50.000 kematian. Sementara Brasil menyumbang lebih dari setengah jumlah kasus tersebut dan hampir 60% dari angka kematian.

Namun begitu, Walikota Rio de Janeiro Marcelo Crivella mengatakan pada Senin, kota wisata populer tersebut akan mulai secara bertahap mengurangi karantina mulai Selasa waktu setempat. Pelonggaran dimulai dengan pembukaan kembali tempat ibadah dan olahraga air.

Meksiko juga mulai mengaktifkan lagi kegiatan perekonomian pada Senin. Industri otomotif, penambangan dan konstruksi boleh berjaan lagi, meskipun negara mencatat lebih dari 10.000 kematian virus. Ryan mengingatkan, Amerika Latin akan menghadapi pertempuran yang sulit dalam beberapa minggu ke depan.

"Saya tidak percaya kita telah mencapai puncak transmisi. Dan, pada titik ini, saya tidak bisa memprediksi kapan itu akan tercapai," kata dia.

Namun di Eropa, negara-negara sudah mulai keluar dari karantina tapi tetap berhati-hati mengadopsi kenormalan baru.

Bar-bar juga memulai kembali pelayanan di Finlandia dan Norwegia dengan batasan jarak sosial atau mempersingkat jam kerja. Sementara beberapa sekolah di Inggris dan Yunani sudah memulai lagi kegiatan belajar-mengajar. (afp)

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN